Login Sekarang

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK MINAT MEMBELI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK MESIN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TERHADAP PRODUK TABLOID BOLA


BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi semakin maju bagi kebutuhan manusia yang hidup pada masa sekarang ini, yaitu kebutuhan akan informasi dan hiburan menjadi tuntutan bagi setiap manusia, bahkan sama pentingnya dengan kebutuhan dasar atau pokok. Salah satu wujud dari perkembangan teknologi komunikasi adalah munculnya beraneka ragam media massa yang semakin canggih, baik media cetak maupun elektronik Dari beraneka ragam media cetak itu kemudian muncullah tabloid.
Popularitas tabloid sebagai bentuk penerbitan pers dalam tahun-tahun terakhir ini mulai kelihatan pamornya tabloid mampu merebut hati para pembaca, karena disamping tabloid harganya lebih murah dan terjangkau isinya tak kalah dengan majalah pendahulunya.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya berolah raga baik untuk menjaga kesehatan dan vitalitas maupun sebagai hobi, tak luput pula dari perhatian pers sehingga tidak mengherankan penerbitan tabloid khususnya tabloid khusus olah raga juga turut berkembang pesat. Salah satu diantara tabloid khusus oloh raga adalah tabloid Bola yang memberikan informasi dan pengetahuan bahkan hiburan khusus tentang olah raga pada umumnya dan sepak bola pada khususnya, yang dikemas secara mutakhir dan menarik. Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah produk media cetak dalam bentuk tabloid yakni tabloid Bola. Tabloid Bola dapat dikatakan sebagai media olahraga pertama yang dikelola dengan baik dan berhasil mencapai sambutan yang meriah. Untuk menjangkau konsumen Indonesia selain segmennya yang tajam, redakturnya memiliki kualitas yang dapat diandalkan serta laporan-laporan dan prediksi-prediksi hasil pertandingan yang disajikan memiliki keakurasian yang tinggi. Bagi tabloid Bola permasalahannya adalah setelah mengalami sukses yang besar menjangkau konsumen di bidang ini, muncul media-media olahraga lainnya yang berkembang cukup pesat. Padahal sebagai tabloid yang memiliki segmen yang tajam harus inovatif agar tetap diakui lebih menonjol daripada tabloid lainnya, karena muncul berbagai macam tabloid
dan majalah olahraga yang menguntitnya seperti: Otosport, Libero, Soccer, Majala portif, Majalah Liga Italia dan lain sebagainya (Rhenald Kasali, 1998:446-447) Adanya persaingan diantara berbagai media massa dewasa ini memiliki tantangan yang cukup berat, ditambah Indonesia yang masih diterpa krisis moneter, hingga membuat semuanya serba mahal, kualitas mutu kertas dan sebagainya menjadi faktor yang menentukan dalam persaingan tersebut. Tidak pelak lagi, pihak penerbitan harus menyuguhkan sejumlah informasi yang menarik yang tidak hanya memenuhi satu hal saja, namun harus berbagai
bervariasi sajian pada khalayak pembacanya.
Strategi yang dilakukan tabloid Bola melalui berita-berita yang diperkaya oleh ulasan-ulasan yang akurat menghibur masyarakat dan mendorong kecintaan terhadap olahraga, diharapkan dengan hal seperti itu masyarakat terdorong untuk berminat dan membeli tabloid Bola.
Tabloid ini mulai ditangani oleh kelompok Gramedia pada tahun 1984. Mulanya tabloid ini hanya menjadi suplemen yang diedarkan bersama-sama harian Kompas yang bertiras 412.000 ketika itu. Tetapi reputasi Bola semakin baik hingga mencapai puncaknya pada perebutan Piala Dunia 1986 menjadi 644.000 eksemplar. Wajarlah bila Bola dilepas oleh Kompas menjadi tabloid yang mandiri dan melakukan targeting pada segmen yang berbeda dengan Kompas, yaitu khusus tabloid olahraga. Pada tahun 1988 dari 16 halaman menjadi 24 halaman dan tahun 1997 sudah memiliki ketebalan 56 halaman yang terbit dua kali seminggu. Tabloid ini, meski memberitakan semua cabang olahraga, mengutamakan 6 cabang yang menjadi perhatian masyarakat yaitu Sepak Bola,
Bola Basket, Otomotif, Bulu Tangkis, Tenis dan Tinju atau Beladiri.
Ditinjau dari segi pembacanya berdasarkan usia 15 sampai 19 tahun sebesar 25% 19 tahun sampai 29 tahun sebesar 41%, 30 sampai 39 tahun sebesar 19% dan 40 tahun keatas sebesar 15%. Untuk pembaca pria sebesar 18% dan wanita sebesar 9% (Rhenald Kasali, 1998: 448-449).
Dalam hal ini bila ditinjau dari segi mahasiswa sebagai konsumen, kelompok mahasiswa terdiri dari pemuda pemudi yang berumus sekitar 18 sampai 30 tahun dengan mayoritas kelompok umur sekitar 18 sampai 25 tahun. Pada usia seperti ini, konsumen cenderung menaruh perhatian lebih terhadap media massa khususnya media cetak olah raga.
Universitas Muhammadiyah Malang sebagai salah satu universitas juara liga sepak bola mahasiswa, bisa dipastikan mahasiswanya adalah para pecinta bola yang tentu saja kehadiran tabloid bola dengan rubrik sepak bolanya yang menarik dapat dijadikan sumber informasi guna memenuhi kebutuhan informasi tentang sepak bola. Karenanya penulis sengaja memilih mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sebagai responden Dengan adanya tuntutan kebutuhan itulah maka pembaca berusaha mencari bahan bacaan yang benar-benar dianggap memiliki kualitas yang bagus. Informasi-informasi yang dikemas dengan menarik serta disesuaikan dengan kebutuhan pembacanya, maka mampu merubah perilaku maupun gaya hidup seseorang, terutama meniru bintang idola mereka.
Penilaian atau kesan pada tabloid olahraga akan membentuk minat seseorang, karena tujuan utama pembuatan tabloid yang menarik adalah membangkitkan minat masyarakat. Keberhasilan suatu produk ditentukan oleh image yang ada dalam benak konsumen, bila produk sesuai dengan selera konsumen dapat menimbulkan minat masyarakat pada produk tersebut. Dengan mengkaji minat konsumen terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan dapat diketahui faktor-faktor apa yang membentuk minat konsumen menjadi lebih kuat dan faktor-faktor apa yang menyebabkan minat konsumen pada suatu barang bertambah lemah. Berdasarkan latar belakang diatas kiranya
perlu diketahui faktor-faktor apa yang menarik minat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang sebagai kampus juara liga sepakbola mahasiswa
terhadap tabloid bola sebagai tabloid penyedia informasi olahraga.

  1. Rumusan Masalah


Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah yang nantinya akan menjadikan dasar penganalisaan yaitu: Faktor apa yang membetuk minat mahasiswa pada produk tabloid Bola  
3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah: 
  1. Ingin mengetahui faktor yang membentuk minat mahasiswa khususnya Fakultas Teknik Mesin pada  tabloid Bola  
  2. Untuk mengetahui faktor mana yang dominan membentuk minat mahasiswa terhadap produk tabloid bola  

D. Manfaat Penelitian 
1.Secara Teoritis
Bahwa penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran yang     dapat memperkaya ilmu pengetahuan bagi ilmu psikologi, khususnya psikologi     konsumen .

2.Secara Praktis

Hasil dari penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi penerbit tabloid Bola     untuk mengentahu faktor yang membentuk minat mahasiswa terhadap produk tabloid bola.

1 Komentar untuk "FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBENTUK MINAT MEMBELI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK MESIN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TERHADAP PRODUK TABLOID BOLA"

judi bola mengatakan...

tabloid bola di indonesia memang menuai banyak fans, terutama berita bolanya menarik dalam penanataan tiap bait beritanya..

sukses ya..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel